PEMANFAATAN INTERNET (ONLINE) SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI

Pemanfaatan Internet sebagai suatu wadah digital dalam suatu dunia teknologi yang sering disebut dengan dunia maya ini memang terus berkembang dan saya akan membahas pemanfaatan dibidan komunikasi dan banyak hal yang bisa kita lakuan di internet. Mulai dari Internet, Chatting, Forum, Social media, media, email dan masih banyak lagi Tentu kalian bisa merasakan kemajuan tersebut bukan ? 

Oke, akan sedikit saya uraikan tentang macam-macam pemanfaatan Internet (Online) dalam bidang Komunikasi :





Internet
Internet Protocol (IP) pertama Indonesia didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. Seperti dikutip dari Telkomspeedy, Internet Service Provider komersial pertama Indonesia mulai beroperasi pada tahun 1994, bernama IndoNet. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX. Website dan penyedia Hosting kemudian mulai bermunculan meskipun masih sedikit. Salah satu Website Indonesia yang disebut-sebut sebagai yang pertama adalah indonesia.elga.net.id. Lalu kemudian terbentuklah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terbentuk pada Musyawarah Nasional Pertama 15 Mei 1996.
Email
Pada tahun 1987-1988, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley (Amerika Serikat) membentuk mailing list indonesia yang pertama dengan alamat e-mail indonesians@janus.berkeley.edu. Dan di tahun 1993-1994-an seiring dengan kepulangan para mahasiswa yang belajar di luar negeri ke Indonesia, mailing list Indonesia secara bertahap terbentuk di Indonesia. Pada tahun 1995-1997, dua (2) buah Pentium II di ITB yang merupakan sumbangan Alumni ITB telah menyumbangkan banyak jasanya untuk pembentukan awal komunitas maya Indonesia sehingga mencapai jumlah ratusan mailing list.
Chatting
Chatting adalah suatu fitur dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang online. Salah satu aplikasi Chatting dengan pengguna cukup banyak di Indonesia adalah Yahoo Messenger (YM), dimana dapat dipergunakan untuk komunikasi yang berupa text chat, voice chat dan video chat. YM merupakan produk yang diperkenalkan pertama pada tahun 1998. Meskipun pada tahun-tahun sebelumnya, beberapa aplikasi Chatting telah dipergunakan dan dikenal di Indonesia seperti MIRC yang baru sebatas berbasis text chat.
Media
Media Online yang disebut-sebut sebagai pioner di Indonesia adalah Detik.com yang diluncurkan pada tahun 1998. Momen yang cukup penting bagi media dan dunia jurnalistik di Indonesia. Lalu disusul kemunculan Radio Internet, Koran dan Majalah Digital.
Forum
Komunitas Online pertama Indonesia yang sukses membentuk Forum terbesar Indonesia hingga saat ini  adalah Kaskus. Kaskus dibuat pada tahun 1999 dan saat ini telah memiliki memberhingga jutaan orang.
Video chat
Teknologi Video Confrences merupakan salah satu penemuan penting yang mempengaruhi cara berkomunikasi manusia. Semenjak tahun 2000, Indonesia telah mengenal teknologi Voip. Dan hingga saat ini aplikasi Video Chat semakin banyak. Salah satunya selain YM adalah Skype yang cukup populer di Indonesia. Skype pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2003.
Social Media
Social Media atau Jejaring Sosial melengkapi jenis Media yang sudah ada baik cetak maupun elektronik. Pada akhir 90-an, dunia mengenal Social Media awal seperti classmates dansixdegress. Sedangkan Media Blog pertama kali dibuat pada tahun 1997. Salah satu Social Media yang cukup berpengaruh di Indonesia yaitu Friendster (FS), diluncurkan pertama pada tahun 2003. FS mengalami kemunduran sehingga saat ini menjadi Game Online. Dilanjutkan dengan era kepopuleran Facebook (2004) dan Twitter (2006). Melalui Social Media, setiap orang bisa berkomunikasi melalui pesan teks, gambar, suara, dan video dengan lebih luas tanpa batas.

Dari uaian diatas memang banyak sekali pemanfaatan dari internet dalam bidang komunikasi. 
Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

20 Januari 2013 pukul 01.23

wahhh harus lbih bijak niii,,,,,


komeng back

30 Januari 2013 pukul 03.19

iyya gan harus lebih selektif

thx kunjungannya

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DUNIA ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger